Breaking News
Loading...
Sunday, August 18, 2013

Google gelontorkan 2 juta USD untuk nafkahi hacker?

8:04 AM

Meskipun memiliki sumber daya yang sangat besar, tak serta merta membuat berbagai layanan Google luput dari kesalahan. Oleh karenanya, Google pun giat mengajak publik untuk menemukan kesalahan ini lewat berbagai sayembara.
Bahkan, seperti yang dilansir oleh The Next Web (12/8), Google pun tak main-main dalam mengadakan sayembara ini. Dalam tiga tahun terakhir saja, Google sudah menggelontorkan dana sebesar USD 2 juta.
Semua dana ini diberikan kepada 2 ribu pelapor masalah keamanan dalam layanan Google. Dana ini diberikan sebagai bentuk terima kasih Google kepada publik yang telah membantu mereka menemukan celah dalam layanannya.
Dari angka USd 2 juta ini, sekitar USd 1 juta diberikan dalam sayembara Chromium VRP dan Pwnium. Sementara, USd 1 juta lainnya disebarkan dalam program Google Web VRP.
Melihat adanya jumlah ini, Google sendiri menganggapnya sebagai sebuah kesuksesan. Oleh karenanya, raksasa internet ini pun menaikkan hadiah yang semula USD 1000 per temuan celah menjadi USD 5 ribu per temuan.
"Kami akan mengumumkan kenaikan hadiah untuk lubang yang bisa membahayakan pengguna, dan ketika peneliti mampu memberikan analisis akurat mengenai sisi eksploitasi dan bahayanya," jelas Google.
Selain Google sendiri sebenarnya banyak raksasa internet yang juga melakukan hal serupa. Tercatat, Facebook, Microsoft, hingga Mozilla pun menawarkan hadiah sejumlah uang bagi mereka yang mampu menemukan celah dalam layanan mereka.
Apa yang mereka lakukan ini sebenarnya bisa dibilang merupakan upaya untuk memberdayakan hacker. Dengan begitu, hacker yang selama ini dicap negatif bisa dimanfaatkan ilmunya ke arah yang lebih baik.

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer